Monday, January 8, 2018

3 Hal Yang Salah Dalam Mandi

Mandi memang kegiatan yang sangat menyegarkan bagi tubuh. Saat kita merasa lelah ketika beraktivitas sehari-hari terkena panas matahari, polusi serta debu, dengan mandi kita bisa mengembalikan energi yang telah hilang.

Di samping itu, ternyata masih banyak lo orang-orang yang salah kaprah ketika mandi. Bukannya mendapatkan kulit yang lembab dan bersih. Kulitmu justru mengalami kering dan muncul sejumlah keluhan lain seperti kulit merah dan bersisik.

Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan beberapa kebiasaan mandimu secara baik dan benar. Berikut ini merupakan enam kesalahan mandi yang justru dapat merusak kulit.

1. Terlalu banyak menggunakan sabun


Apapun yang berlebihan memang tidak baik. Tapi saat mandi agar membuat kulit kita bersih dan wangi, kerap kali kita menggunakan sabun secara berlebihan.

Selain boros, tindakan ini dapat membuat kandungan minyak alami yang dihasilkan kulit untuk melindungi tubuh dapat berkurang. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sabun mandi secara wajar.

2. Terkena air panas secara langsung

Mandi air panas dipercaya dapat mengeluarkan toksin pada tubuh. Berendam di air panas juga sangat nyaman dan memberikan efek relaksasi pada tubuh yang lelah. Tetapi kamu perlu berhati-hati untuk tidak langsung mencelupkan atau membasahi tubuhmu dengan air panas secara langsung.

Biarkan tubuh sedikit basah terlebih dahulu dengan air, atau sesuaikan air panas agar tak melukai kulit. Setelah itu kamu bisa mencelupkan diri dan mandi dengan air panas.

Kulit merah, kering, dan mengelupas kemungkinan besar dapat terjadi jika kulitmu langsung terkena air panas yang belum disesuaikan.




3. Mengeringkan tubuh secara berlebihan


Hal yang terpenting setelah mandi ialah kelembapan pada kulit. Sisa air setelah mandi pada kulit tak hanya melembabkan sekaligus juga mencegah kerutan, serta membuat kulit menjadi halus dan sehat.

Jadi, jangan langsung cepat-cepat dikeringkan dengan handuk. Sesuaikan jangka waktu setelah mandi dan mengeringkan tubuh, kalau terlalu lama hati-hati dapat membuatmu masuk angin.

No comments:

Post a Comment